Waktu Tunggu

Setelah kita lulus kuliah, tak seketika itu kita akan mendapatkan pekerjaan. Kadang ada masanya kita menunggu panggilan kerja. Waktu menunggu itu kadang terasa kosong dan saya kira itu perlu diisi dengan kesibukan. Agar kita tak terjerumus kepada hal hal yang kurang bermanfaat. Mungkin ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sembari menunggu panggilan. Owh ya, tulisan ini hanya pengingat untuk diri saya yang saat ini masih belum bekerja :”. Mohon doanya ya:)

Pahami diri kamu
Coba kau pahami dirimu. Apa yang menjadi passion kamu. Kita itu bisa menjadi apapun yang kita inginkan, tapi kita tak bisa menjadi siapapun yang kita inginkan. Kita hanya bisa menjadi diri kita sendiri. Coba sesuaikan pekerjaan yang hendak kau lamar dengan passion, kepribadian dan kemampuanmu. Jika kamu hendak mencoba test kepribadian banyak kog di internet, semisal temubakat.com milik Abah Rama. Saya juga punya buku yang cukup bagus untuk dibaca yakni "ON" karangan Jamil Azzani.

Lengkapi syarat pendaftaran
Mungkin perusahaan yang kamu lamar mengajukan beberapa syarat umum seperti CV, nilai TOEFL, NPWP, SKCK, dsb. Mumpung masih awal, coba lengkapi berkas berkas pendaftaranmu. Jika kamu punya akun di linkedin, jobstreet atau portal kerja lainnya, cobalah lengkapi profilmu disana. Ini merupakan branding kamu di sosial media pekerja, memungkinkan memberikan peluang diterima lebih besar.

Cobalah belajar skill baru
Ketika ada waktu kosong, cobalah dipakai untuk belajar skill skill baru yang mungkin berguna di bidang pekerjaan yang akan kamu handle. Tak ada salahnya kamu lebih mendalami MS Office atau program komputer lainnya. Jika kamu masih minder dalam bahasa Inggris, kamu bisa mendalaminya. Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak, bersama teman temanmu atau dengan mengikuti les. Saat ini banyak kursus kursus online yang gratis. Semisal kamu ingin menjadi seorang data scientist bisa mengikuti kursus di datacamp.com, atau codeacademy.com. Salah satu upaya memantaskan diri untuk pekerjaan yang ingin kita raih ialah dengan mempelajari ilmunya. Tak ada salahnya juga mengetahui apa apa yang harus bisa dilakukan di tempat kerja nanti. Semisal lewat sharing dengan teman atau kakak tingkat yang sudah bekerja.

Silaturrahim
Ketika kamu memiliki banyak waktu luang, cobalah bersilaturrahim. Mengunjungi saudara kita, entah itu yang seumuran, lebih muda, ataupun lebih tua. Ini untuk menambah dan mempekuat jaringan yang kita miliki. Bisa juga menjadi sarana kita untuk bertukar pikiran, menambah ide ide baru. Silaturahim jangan digunakan untuk bergosip ria. Itu hanya akan menambah dosa. Mending melakukan sesuatu yang lebih baik, berdiskusi atau saling menawarkan bantuan satu sama lain. Siapa tahu ini bisa menjadi jalan kita memperoleh pekerjaan yang kita idam idamkan.

Mencari kerja sambilan
Kerja sambilan itu untuk menambah income kita. Walaupun sedang mencari pekerjaan, tetap saja kita akan mengeluarkan uang. Entah itu untuk makan sehari hari ataupun untuk ongkos wara wiri. Teruntuk anak rantau, ini untuk bertahan hidup sebelum mendapatkan pekerjaan. Jika beruntung bisa magang, itu malah bisa menjadi sarana kita mengetahui bagaimana kondisi lingkungan kerja. Selain itu bisa menjadi tempat kita mengembangkan skill yang kita miliki. Magang juga bisa di masukan CV lho, ini bisa memperbesar peluang kamu diterima kerja. Atau mungkin kamu malah bisa bekerja di tempat kamu magang. Itu bergantung pada performa dan kenyamanan kita di tempat magang.

Mendekatakan diri kepada Nya
Sebagai manusia, saya percaya akan keberadaan Allah, Dialah yang mengatur alam semesta beserta isinya. Dia memberikan waktu menunggu ini mungkin agar kita lebih intim bersama Nya. Sebelum kemudian kau disibukkan dengan urusan duniawi. Atau Dia memang sengaja memberikan waktu kosong ini agar kita bisa lebih mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang hendak Ia berikan. Pasti ada hikmah yang dapat kita ambil selama masa masa kekosongan ini.

Mungkin masih banyak hal yang bisa kau kerjakan untuk mengisi waktu tunggu ini. Ini hanya sebagian kecil saya. Namun, semoga sebagian kecil ini menjadi kebermanfaatan untuk dirimu dan diriku. Semoga lekas menemukan pekerjaan yang terbaik. Pekerjaan yang mana menjadi tempat kita mengembangkan diri dan memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Semoga dapat menjadi pengingat terutama bagi diri saya sendiri.

"Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu!" John F. Kennedy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Garis Finish Lari Tadi

Menjagamu