Ketika Maneh Marah


Kar, suatu saat nanti pasti maneh bakal marah ke seseorang. Entah karena alasan apapun itu. Ketika maneh marah, berkatalah yang baik baik ya. Sebab setiap ucapan itu akan diuji.  Dan setiap ucapan itu adalah doa. Karena setiap ucapan itu akan dipertanggung jawabkan. Tak usahlah menyepet. Cukup berterus teranglah kenapa maneh marah. Ucapkanlah secara baik, jangan sampai melukai hatinya semarah apapun maneh ke dia.

Kar, semarah apapun maneh, jangan pernah membenci orangnya. Cukuplah kau benci perbuatannya. Maafkan dia. Mungkin dia gak tahu. Sebenernya maneh juga bisa ngelakuin kesalahan kayak dia. Dan bisa aja maneh pernah ngelakuinnya juga. Ada orang yang selalu berbuat salah ke kita, tapi kita tak pernah membencinya. Orang itu adalah diri kita sendiri.

Kar, seberapapun marah maneh, berikan kalimat kalimat yang membangun. Kita terlalu sering marah untuk menyalahkan tanpa pernah memberikan solusi. Bagaimanapun juga itu saudara maneh, akan selalu ada kewajiban maneh buat ngebantu dia. Minimal doakan dia. Dia itu saudara maneh Kar. SemogaAllah senantiasa melembutkan hati hati kita. Dan semoga pula Allah selalu menjaga kita dari sifat marah.

Kar, kita bukan peramal yang bisa meramal isi hati manusia. Kalau ada apa apa sama saudara maneh, sampaikan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Menjagamu

Garis Finish Lari Tadi