Evolusi remaja

Evolusi, siapa yang tidak tahu dengan kata tersebut. Tapi kalau evolusi remaja, mungkin masih ada yang belum mengerti maksudnya. Evolusi remaja menurutk versiku sih, adalah perubahan remaja ke arah yang lebih baik, kita harus berusaha mengubah diri kita menjadi lebih baik. Kalau bukan kita siapa lagi? Seperti yang tertulis dalam kitab suci Al-Qur’an-yang beragama Islam pasti lebih tahu nih, “ Allah tidak akan mengubah  nasib suatu kaum, kalau bukan kaum itu yang mengubah nasibnya sendiri”. Jadi berubah menjadi lebih baik, Why not? Mengapa tidak? Mungkin mengubah diri itu sulit, tapi kamu harus bisa, ada trik yang dapat kamu lakukan

Niat
Tanpa niat yang kuat mana mungkin bisa. Kita harus punya niat yang kuat agar bisa berubah. Tanamkan niat tersebut dalam diri kita. Bahwa kita bisa berubah, kita yakin pada diri kita sendiri kalau kita bisa. Kita harus yakin pada kemampuan yang kita punya. Percaya kita bisa. Tanamkan niat tulus kita untuk berubah dalam lubuk hati kita

Jadilah seorang climber
Dalam hidup ada 3 tipe orang. Climber, Camper, dan Quiter. Quiter itu penunggu. Ia menunggu keajaiban yang mustahil datang sehingga ia bisa sampai di puncak. Itukah yang kita mau? Tidak bukan? Yang kedua camper, ia mudah puas, baru sampai di tengah sudah berhenti, padahal di akhir/puncak ada sesuatu yang lebih memuaskan, lebih indah dibanding itu. Apa kamu mau? Yang ketiga yakni Climber, ia tidak mudah puas, selalu ingin sampai di puncak, haus tantangan, terus berevolusi menjadi lebih baik. Apa kamu mau? Makanya jadi climber dan terus berevolusi.

Keluar dari pemikiran orang kebanyakan
Pikiran banyak orang atau umum kadang membuat kita tersiksa. Kita jadi takut dan serba salah. Tapi apa salahnya sih keluar dari zona itu, menjadi orang yang different atau berbeda, dan lain dari yang lain, tapi dalam hal yang baik. Contohnya: banyak orang yang takut gagal, tapi kamu jangan takut gagal, berevolusilah. Gagal adalah kesuksesan yang tertunda. Kesuksesan adalah titik kecil diantara segunung kegagalan. Makanya jangan takut gagal. Berubahlah menjadi lebih baik, berguna dan lebih berarti

Cacian dan pujian adalah netral
Saat kita berubah/berevolusi sering orang memuji, mengejek dan mencemooh perubahan yang kita lakukan. Tapi cemooh dan pujian itu bersifat netral, tergantung dari cara kita berpikir. Kita harus bisa ber-positive thinking ria atas cemooh dan pujian orang, itu akan memperbaiki suasana. Tapi kalau kita ber-negative thinking pujian akan terlihat buruk, apalagi cemoohan, pasti lebih buruk lagi. Apabila ada orang yang mengejek anda tidak bisa, dan anda mengurungkan niat anda untuk berevolusi, maka secara tidak langsung anda telah membenarkan orang tersebut bahwa kamu memang tidak bisa. Tapi kalau kamu positive thinking, itu akan memotivasi kamu untuk bisa membuktikan kalau kamu bisa, dan orang tersebut salah.

Pernah lihat film ‘Little Chicken’ ? Ia di hina, diremehkan, dicaci maki. Namun ia tetap berusaha, berusaha dan berusaha hingga akhirnya ia membuktikan bahwa ia bisa melakukannya. Bisa memenangkan pertandingan baseball.

Kita adalah pemenang
Sejak kita dilahirkan didunia ini, kita sudah menjadi seorang pemenang. Coba bayangkan, dari jutaan  bahkan triliyunan sel sperma hanya ada satu sel sperma yang dapat membuahi sel telur di rahim ibu. Hingga akhirnya setelah 9 bulan, lahirlah kamu sebagai seorang pemenang. Sekarang saatnya kita buktikan pada dunia bahwa kita memang pemenang. Kita bisa berubah menjadi lebih baik.

Sering terjadi disekitar kita, waktu sama prestasi berbeda. Mengapa bisa terjadi hal seperti itu? Padahal waktu yang diberikan Tuhan untuk kita semua di dunia ini sama, 24 jam. Kenapa berbeda? Mungkin ada dari kita yang menyepelekan, tidak serius dan akibatnya terjadi hal macam itu. Maka dari itu, seriuslah kalian dalam setiap kegiatan. Berubahlah, jadilah remaja yang super baik.


Kita harus berubah menjadi remaja yang lebih baik dari waktu ke waktu. Berevolusilah menjadi hal demikian. Dengan generasi muda yang baik, pasti Indonesia akan jauh lebih baik. Itu beberapa kata dariku, moga bisa mengubah kita menjadi lebih baik.

Jzk
Karyadi
Di tulis sewaktu SMA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Menjagamu

Garis Finish Lari Tadi