Memulai

Memulai, adalah hal yang awal yang harus kita lakukan sebelum kita mencapai suatu tujuan. Sebelum kita akan memulai hendaknya kita tahu kita tujuan akan kemana. Pastikan kebaikanlah yang kita mulai, sehingga aka nada kebermanfaat yang orang lain peroleh. Paling tidak kita selipkan niatan untuk kebaikan bersama sehingga kita tidak merasa memulainya sendiri.


Terkadang memulai itu berat. Butuh tenaga lebih sehingga kita mampu memulainya. Seperti adanya energy aktivasi dalam suatu proses kimia agar suatu proses dapat terjadi. Namun, dalam kimia energy aktivasi itu dapat dikurangi dengan enzim. Kitapun dapat mengurangi rasa berat untuk memulai dengan mungurangi hal hal yang membuat kita susah untuk memulai, menghilangkannya dari hadapan kita.

Terkadang memulai itu berat. Seperti awal lokomotif menarik gerbong. Awalnya memang berat, melaju perlahan lahan namun kemudian berangsur cepat, bahkan membutuhkan rem apabila ingin berhenti. Sama halnya ketika kita memulai kebiasaan baik. Awalnya memang susah kawan. Namun percayalah kawan, awalnya kita yang membentuk kebiasaan, kemudian kebiasaan yang akan membentuk kita.

Apakah kau tahu kawan? Bahwa semua tujuan yang besar itu berasal dari memulai. Kita tak akan mengakhiri sesuatu tanpa memulainya terlebih dahulu. Kita akan menemui suatu akhir apabilaa tidak ada keingian untuk menemuai suatu awal. Seperti kata pepatah bahwa untuk melalui 1000 kilometer itu di mulai dari satu langkah. Jika kita tidak bisa tidak bisa langsung meraih tujuan besar itu seketika, ingatlah untuk memulai ‘mencicil’ dari diri kita. Suatu perubahan yang besar itu di mulai dari yang kecil kawan.

Ketika terbisit dalam pikiran kita untuk menunda, ingatlah satu hal. Jika kita menunda suatu awal, kita akan menunda akhir. Jika kita terus menerus menunda kita tak akan menemui suatu akhir.

“Mulai dari yang kecil kecil. Mulai dari sekarang. Mulai dari diri sendiri” (Aa’ Gym)


(c) Karyadi 26 Juni 2015 di Bandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Menjagamu

Garis Finish Lari Tadi