Rencana Hujan

Aku harap apa yang kita rencanakan seperti hujan. Ia turun ke bumi dan memumbuhkan tumbuh tumbuhan yang bermanfaatan dari bumi. Aku harap rencana ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi mahkluk lainnya. Tak hanya manusia, tapi juga hewan, tumbuhan dan lingkungan. Terus memberikan manfaat meskipun kita sudah tak ada. Dapat terus dinikmati tidak hanya kita, namun juga anak cucu kita.

Aku harap apa yang kita rencanakan seperti hujan. Ia turun ditempat tempat yang tepat dan dalam takaran yang sesuai. Aku harap rencana ini sesuai dengan apa yang orang orang butuhkan saat ini. Rencana inipun tidak berlebih lebihan atau kurang, dalam kadar yang cukup. Tidak membebani kita yang merencanakan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Aku harap apa yang kita rencanakan seperti hujan. Ia mengingatkan kita pada kenangan ketika kita bersamanya. Aku harap rencana kita dapat menjadi kenangan yang amat berarti, baik bagi kita maupun orang lain. Ketika kita ingat dengan apa yang kita lakukan dalam rencana kita, kita akan senantiasa tersenyum. Paling tidak rencana ini bisa menjadi dongeng untuk anak cucu kita, tentang perjuangan kita dalam rencana ini.

Aku harap rencana ini tidak menjadi seperti banjir. Ia membawa kesedihan bagi orang lain. Ia membuat orang orang menjadi kehilangan, baik barang maupun orang lain. Aku tidak ingin rencana ini malah merugikan orang lain. Jangan sampai rencana ini membuat mereka bersedih sehingga lupa bagaimana cara tersenyum.

Rencana ini memang tidak akan mudah. Akan ada perubahan rencana, yah kita hanya bisa merencanakan, Tuhan yang lebih kuasa daripada kita, manusia. Lapangan akan selalu dinamis, kalau kata teman saya. Mungkin ditengah jalan, ada banyak cekcok karena ada yang tidak sesuai dengan rencana kita. Mungkin akan ada begitu banyak air mata. Tapi kuharap semoga kita bahagia dalam menjalan rencana ini.


Mumpung masih hujan, kita sama sama berdoa agar rencana kita di ridhoi oleh Nya. Dari rencana kita memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Rencana kita menjadi kebaikan baik bagi kita, orang lain juga Indonesia.

Bandung, setelah hujan reda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Menjagamu

Garis Finish Lari Tadi