Menyumbang untuk Indonesia

Indonesia, ya Indonesia. Indonesia adalah bangsa kita. Indonesia adalah rumah kita bersama. Rumah bagi 220 juta manusia, rumah bagi ratusan suku, rumah bagi ratusan bahasa daerah, serta rumah bagi ribuan kebudayaan.

Indonesia adalah bangsa besar, yang terbentang dari sabang sampai merauke, yang memiliki 220 juta penduduk, yang memiliki beraneka ragam kebudayaan di dalamnya. Begitu banyak anugrah yang Tuhan berikan untuk negeri yang bernama Indonesia ini. Dan itu semua di anugerahkan kepada kita sebagai penduduk bangsa Indonesia. Itu semua milik kita teman, sebagai penduduk bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia adalah milik kita bersama selaku penduduk Indonesia, bukan milik sebagian penduduk Indonesia. Karena ini milik kita, sudah sewajarnya jika kita menjaganya, melestarikannya, mengupayakannya, agar Indonesia tetap utuh. Indonesia masih dapat dilihat, disaksikan oleh anak cucu kita kelak di kemudian hari. Sudah sewajarnya pula kita mengupayakan yang terbaik untuk bangsa ini, berkontribusi terbaik untuk membangunnya. Sebab Indonesia adalah milik kita bersama.

Namun, Indonesia-pun memiliki banyak kekurangan. Banyaknya kemiskinan, ketimpangan antar daerah, korupsi, hutang dan berbagai masalah lainnya. Jika kita cermati, masalah yang ada di Indonesia adalah masalah kita bersama sebagai pemilik sah negeri ini. Masalah kita semua, bukan sebagian orang saja. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita bahu membahu, bersama menyelesaikan permasalahan bangsa. Bersama sama berkontribusi untuk menyelesaikannya sesuai dengan kemampuan dan peran kita.

Salah satu masalah di Indonesia adalah hutang luar negeri. Pernah saya dengan, ada negara yang bernama Turki yang mengalami permasalahan yang sama. Untuk menyelesaikan permasalahan hutang tersebut, masyarakat Turki menyumbangkan uang mereka untuk membantu negara dalam melunasi hutang. Alhasil, beberapa tahun sesudahnya Turki tidak memiliki hutang luar negeri, bahkan pendapat negara terus naik.


Mungkin hal ini bisa juga di terapkan di Indonesia. Membantu melunasi hutang negara lewat sumbangan dari masyarakatnya. Selain hutang negera bisa terlunasi, di dalam diri kita bisa tumbuh rasa kepemilikan atas Indonesia. Yah, ini hanya ide dan dugaan saja, belum tentu ini benar. Tapi jika di bayangkan sungguh indah jika kita bahu membahu memajukan Indonesia lewat peran yang kita miliki :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Hukum Archimedes

Menjagamu

Garis Finish Lari Tadi